Tips dan Trik Memilih Sepatu Lari yang Nyaman dan Tepat di Kaki Anda

Olahraga lari menjadi kegiatan favorit banyak orang. Tak boleh dianggap remeh, meski tidak membutuhkan banyak peralatan, sepatu lari adalah hal penting yang harus diperhatikan. Salah-salah memilih sepatu bisa menyebabkan beberapa cedera pada otot kaki dan kulit.

Tentunya harga dan tampilan tidak selalu jadi tolok ukur, aspek yang paling penting adalah kenyamanan tumit kaki saat berlari, ukuran tidak terlalu sempit dan besar. Lantas, apa lagi yang harus diperhatikan untuk memilih sepatu lari yang tepat. Perhatikan bagaimana cara berlari.

Umumnya ada 3 jenis mekanisme lari, tergantung bentuk telapak kaki, yakni pronasi normal, pronasi berlebih, dan pronasi kurang. Pronasi adalah istilah untuk gerakan telapak kaki yang mengayuh masuk ke dalam saat berlari, pilihlah bagian dalam sepatu yang sesuai dengan bentuk telapak kaki saat berlari, apakah overpronasi, normal, atau supinasi.

Waktu yang tepat saat membeli sepatu adalah di malam hari. Karena telapak kaki akan melebar di malam hari setelah beraktivitas seharian, sehingga ukuran telapak kaki berada dalam bentuk terlebarnya.

Utamakan kenyamanan bahan sepatu, lembut dan ringan untuk memudahkan berlari. Jika permukaan bahan sepatu kasar akan menggesek kulit kaki dan menyebabkan lecet, apalagi jika ukurannya relatip sempit. Jangan percaya pada mitos bahwa sepatu akan melonggar dengan sendirinya seiring pemakaian. Bahkan memilih sepatu yang benar-benar pas juga kurang tepat. Harus ada jarak selebar ibu jari dari ujung depan sepatu ke jari kaki.

Saat mencoba sepatu, gerakkan jari-jari kaki, jika jemari masih leluasa bergerak, tandanya sepatu itu pas. Namun, jika sama sekali tidak bisa menggerakkan jari jemari, pilih satu ukuran di atasnya.

Yang tak kalah penting adalah memperhatikan fitur bantalan sepatu lari seperti celah yang memungkinan adanya ventilasi untuk penyerapan syok. Umumnya sepatu memiliki fitur masing-masing, tanyakan pada karyawan toko sepatu sesuai kriteria ukuran dan bentuk kaki untuk melihat mana sepatu yang sesuai. Soal harga sepatu lari relatif, sesuaikah dengan kualitas dan kenyamanan bahannya?

RAUDATUL ADAWIYAH NASUTION

Anda memiliki hobi jogging? Perlu memperhatikan dalam memilih sepatu lari, menghindari cedera pada otot dan kulit kaki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.