Sekilas Hampir Sama, Inilah Perbedaan Flu dan Pilek

Terkadang banyak orang yang menganggap flu dan pilek itu sama. Nyatanya, keduanya berbeda. Pilek dan flu dapat dilihat secara berbeda dari penyebabnya. Penasaran apa perbedaan flu dan pilek? Temukan jawabannya melalui pembahasan di bawah berikut.

Apa Perbedaan Flu dan Pilek?

  1. Perbedaan Flu dan Pilek Berdasarkan Penyebabnya

Umumnya semua orang pernah mengalaminya, dari anak-anak hingga orang dewasa. Sayangnya, flu sering dikacaukan dengan pilek. Meski keduanya berbeda. Nah, perbedaan yang paling mencolok dari flu dan pilek adalah penyebabnya.

Flu hanya disebabkan oleh satu virus, yaitu virus influenza. Ada 3 jenis virus influenza, seperti influenza A, influenza B, dan influenza C. Jadi virus tipe A dan B biasanya merupakan virus musiman. Sedangkan tipe C terjadi sepanjang tahun.

Kekurangan vitamin dan mineral juga berdampak negatif pada sistem kekebalan tubuh dan kesehatan secara keseluruhan. Redoxon hadir dengan rangkaian produk vitamin C yang dirancang untuk mendukung sistem kekebalan Anda.

Sedangkan flu biasa dapat disebabkan oleh sejumlah virus yang berbeda, termasuk rhinovirus, parainfluenza. Dilansir dari American College of Allergy, Asthma, and Immunology, ada beberapa penyebab pilek, seperti alergi, udara dingin atau kering, sinus akut atau kronis, perubahan hormonal dalam tubuh hingga pengaruh obat-obatan tertentu.

  1. Perbedaan flu dan pilek berdasarkan gejalanya

Perbedaan kedua bisa dilihat dari gejala yang menyertainya. Agak sulit membedakannya karena flu dan pilek memiliki banyak gejala. Tes khusus dapat menentukan apakah seseorang terkena flu. Jika dilihat dari gejala pilek lebih ringan dibandingkan flu. Pilek bisa sembuh dengan sendirinya dalam 7-10 hari. Gejala flu biasa meliputi:

  • Pilek
  • Hidung tersumbat
  • Bersin
  • Batuk
  • Badan lemas, lesu, kurang tenaga
  • Beberapa orang mengalami sakit kepala

Sedangkan gejala flu umumnya lebih cepat dan dapat menyebabkan komplikasi yang serius. Gejala-gejala yang sering dirasakan saat flu adalah sebagai berikut:

  • Demam atau menggigil
  • Batuk
  • Hidung tersumbat
  • Sakit otot
  • Sakit kepala
  • Kelelahan
  • Sesak napas
  • Muntah atau diare (umum pada anak-anak)

Gejala lain yang mungkin dialami antara lain:

  • Sakit di belakang mata
  • Kehilangan selera makan
  • Sakit tenggorokan
  • Hidung berair dan tersumbat
  1. Perbedaan flu dan pilek berdasarkan komplikasinya

Perbedaan ketiga dapat dilihat dari komplikasi yang mendasarinya. Pilek biasanya tidak mengakibatkan masalah kesehatan yang serius, seperti pneumonia, infeksi bakteri atau rawat inap. Sedangkan flu bisa menimbulkan komplikasi yang serius.

Flu atau influenza dapat menyebabkan penyakit yang parah atau bahkan mengancam jiwa. Penyakit parah dan kemungkinan komplikasi, seperti pneumonia dan bronkitis, dapat berkembang.

Flu yang tidak ditangani dengan serius dapat menyebabkan radang otot, radang paru-paru hingga gangguan jantung. Kondisi ini dapat mengakibatkan rawat inap bahkan kematian. Biasanya orang yang mengalami komplikasi berat terkait flu, seperti wanita hamil, orang berusia 65 tahun ke atas, anak di bawah 5 tahun dan seseorang dengan kondisi medis kronis.

Flu juga dapat memperburuk kondisi medis tertentu. Jika Anda menderita asma, flu juga dapat memicu kambuhnya asma. Oleh karena itu, penderita asma yang sedang flu sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk penanganan yang lebih tepat. Penularan flu bisa terjadi melalui kontak dengan cairan dari batuk dan bersin yang mengandung virus flu.

Perlu diketahui bahwa virus influenza dan virus penyebab pilek sama-sama ditularkan melalui percikan air liur dari bersin atau batuk. Nah, percikan atau droplet itu bisa terhirup dan tersentuh jika jatuh pada suatu benda sehingga menularkan virus ke orang yang sehat.

Dengan demikian, cara paling aman untuk mencegah keduanya dengan mencuci tangan, menggunakan produk hand sanitizer, menjaga jarak dengan penderita flu dan pilek, serta menggunakan masker juga dapat mencegah dan melindungi orang-orang di sekitar kita.

Terkadang banyak orang yang menganggap flu dan pilek itu sama. Nyatanya, keduanya berbeda. Pilek dan flu dapat dilihat secara berbeda dari penyebabnya. Penasaran apa perbedaan flu dan pilek? Temukan jawabannya melalui pembahasan di bawah berikut. Apa Perbedaan Flu dan Pilek? Perbedaan Flu dan Pilek Berdasarkan Penyebabnya Umumnya semua orang pernah mengalaminya, dari anak-anak hingga orang…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.