SehatQ Waspadai, Bahaya Bulu Kucing

Bahaya bulu kucing sangat perlu untuk diwaspadai utamanya bagi para pecinta kucing. Terdapat beberapa bahaya bulu kucing, utamanya jika anda memelihara kucing di rumah. Agar anda bisa menghindari ragam penyakit akibat bahaya bulu kucing, maka anda bisa mengetahui cara pencegahannya.

Apa saja bahaya bulu kucing yang perlu diwaspadai?

Forum kesehatan mencatat bahwa bulu kucing sangat berbahaya bagi manusia, utamanya bagi ibu hamil dan orang yang mempunyai daya tahan tubuh lemah. Bulu kucing sangat berbahaya bagi penderita kondisi medis tertentu seperti penyakit autoimun.

Khusus Anda yang memelihara hewan di rumah utamanya kucing, perlu mewaspadai bulunya. Sebab, bulu kucing bisa mengandung bakteri dan parasit yang menyebabkan terjadinya berbagai macam penyakit. Penyakit yang disebabkan oleh bulu kucing adalah kurap hingga toksoplasmosis.

Seperti yang kita ketahui, bahwa bulu kucing mempunyai warna yang indah dan sangat lembut. Sebab kedua penyebab itu membuat kucing menjadi daya tarik tersendiri untuk dipelihara banyak orang. Namun, banyak sekali potensi penyakit yang bisa disebabkan oleh bulu kucing.

Penyakit Cakar Kucing

Penyakit pertama yang disebabkan oleh bulu kucing adalah penyakit cakar kucing. Penyakit cakar kucing disebabkan langsung oleh infeksi bakteri bartonella henselae. Bakteri jenis ini tidak hanya mampu berpindah dari manusia lewat gigitan atau cakaran, sebab juga berpindah melalui bulu kucing.

Ketika anda mengelus bulu kucing yang telah terkontaminasi bakteri, secara tidak langsung Anda bisa menyeka mata. Sejak saat itu juga Anda bisa berpotensi terkena penyakit cakar kucing. Penyakit cakar kucing bisa memicu berbagai macam masalah kesehatan yang lebih serius bagi orang dengan gangguan sistem kekebalan tubuh. Gangguan tersebut bisa terjadi pada pasien kanker yang telah menjalani kemoterapi atau HIV AIDS.

Kurap

Kurap adalah salah satu penyakit yang biasa disebabkan oleh infeksi jamur dermatofita pada kulit. Penyakit kurap bisa ditularkan oleh hewan ke manusia salah satunya adalah kucing. Kucing adalah hewan yang sering sekali terinfeksi kurap dan bisa terkena kurap apabila bulunya sering basah.

Anda sebagai pemilik kucing harus waspada ketika menemukan gejala kurap pada kucing. Kurap pada kucing ditandai dengan area melingkar yang berkerak dan disertai rontoknya bulu. Apabila kucing anda telah terkena kurap, usahakan untuk membawa ke fasilitas kesehatan hewan dan membersihkan rumah secara menyeluruh agar spora jamur tidak tertinggal.

Toksoplasmosis

Toksoplasmosis adalah salah satu penyakit yang biasa disebabkan oleh toksoplasma gondhi. Penyakit toksoplasma adalah parasit yang terdapat di dalam kotoran kucing yang telah terinfeksi. Penyakit yang satu ini juga  bisa menular kepada manusia.

Toksoplasma adalah penyakit berbahaya utamanya bagi ibu hamil dan orang yang mempunyai daya tahan tubuh lemah. Pada ibu hamil, toksoplasma mempunyai risiko besar penyebab keguguran dan kelahiran prematur. Toxoplasma juga bisa menuai penyakit bawaan pada janin dan mengganggu kesuburan wanita.

Reaksi Alergi

Sebagai pemilik kucing, Anda harus mengetahui bahwa bulu kucing sering sekali terpapar oleh air ludah atau urine. Saat anda ingin menyentuh bulu kucing yang kotor tersebut, maka orang yang mempunyai riwayat alergi bisa saja mengalami alerginya.

Reaksi alergi yang umum muncul adalah gatal-gatal atau bentol yang ada pada kulit. Reaksi alergi lain adalah bahaya bulu kucing yang bisa menimbulkan gejala pilek atau mata gatal karena rhinitis. Orang yang mempunyai riwayat asma juga lebih sering mengalami gambuh gejala ketika terpapar bulu kucing.

Sebagai pemiliknya, Anda bisa mengurangi risiko bahaya bulu kucing dengan membersihkan diri setelah menyentuh kucing. Anda juga bisa bergabung di dalam forum kesehatan untuk mengetahui lebih lanjut seputar informasi kesehatan saat ini.

 

 

Bahaya bulu kucing sangat perlu untuk diwaspadai utamanya bagi para pecinta kucing. Terdapat beberapa bahaya bulu kucing, utamanya jika anda memelihara kucing di rumah. Agar anda bisa menghindari ragam penyakit akibat bahaya bulu kucing, maka anda bisa mengetahui cara pencegahannya. Apa saja bahaya bulu kucing yang perlu diwaspadai? Forum kesehatan mencatat bahwa bulu kucing sangat…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.