Sambangi GIIAS 2021, Begini Pesan Jokowi ke Bos-bos Produsen Mobil

TEMPO.CO, Jakarta -Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyambangi pameran Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Kabupaten Tangerang, Banten. Di sana, Jokowi bertemu dengan para CEO dari produsen mobil yang hadir.

“Tadi kita sudah bertemu dengan para CEO dan saya sampaikan apa yang menjadi concern kita dan apa yang harus kita lakukan bersama-sama untuk masa yang akan datang,” kata Jokowi dalam keterangan tertulis, Rabu, 17 November 2021.

Salah satu pesan yang disampaikan Jokowi yaitu soal pentingnya ekosistem mobil listrik yang rendah emisi dan ramah lingkungan agar segera dibangun. Untuk itu, kata dia, pemerintah terus mendorong berbagai upaya untuk meningkatkan produksi mobil listrik maupun hybrid.

“Kita juga mendorong untuk produksi mobil listrik, produksi mobil hybrid, tetapi sekali lagi, yang semuanya harus ramah lingkungan,” kata Jokowi.

Lalu pada pameran ini, Jokowi juga meninjau sejumlah stan dari berbagai jenama otomotif. Di sejumlah stan, Jokowi juga mencoba menumpangi beberapa mobil yang dipajang.

Salah satu yang dijajal Jokowi yaitu mobil listrik, Mitsubishi Minicab Miev. Didampingi Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, Jokowi menyetir mobil tersebut dengan memutari pelataran depan gedung ICE BSD City.

Sebelumnya, Jokowi juga sudah sesumbar mengatakan bahwa industri mobil listrik di Indonesia akan mulai bermunculan dalam dua hingga tiga tahun mendatang. Hal ini seiring dengan upaya perkembangan industri nikel sebagai bahan utama baterai mobil listrik di dalam negeri.

“Bapak ibu bisa lihat 2-3 tahun lagi, yang namanya mobil listrik akan mulai bermunculan di negara kita. Entah itu kerjasama BUMN dengan swasta luar atau swasta sendiri, yang jelas nilai tambah itu ada di dalam negeri,” kata Jokowi, 13 Oktober 2021.

Presiden Jokowi bertemu dengan para CEO dari produsen mobil di GIIASS 2021.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.