Plus Minus Gunakan Aplikasi VPN, Betulkah Bisa Jaga Kerahasiaan?

Virtual Private Network (VPN) adalah sebuah cara aman yang dapat Anda gunakan ketika mengakses internet dengan menggunakan internet lainnya sebagai sarana transmisi paket data secara pribadi. Dilansir dari laman diskominfo.kedirikab.go.id, menyebutkan VPN memungkinkan Anda menghindari kejahatan di dunia siber karena VPN akan membuat identitas Anda menjadi anonim berkat transmisi paket data yang terjadi.

Secara sederhana, VPN adalah perantara atau pihak ketiga yang Anda gunakan ketika menjelajah di Internet. Karena itu, dengan VPN, Anda dapat mengakses sesuatu yang tidak dapat diakses di negara Anda akibat diblokir atau lain sebagainya.

VPN bekerja dengan membuat jaringan di dalam jaringan atau biasa disebut dengan tunneling. Tujuannya adalah untuk membuat jalur koneksi secara privat dengan memanfaatkan infrastruktur jaringan lain.

Kelebihan VPNVPN selain memiliki keunggulan seperti yang telah disebutkan, juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihan pertama dan utama dari VPN adalah kerahasiaan. VPN yang menggunakan teknologi enkripsi menjadikan penggunanya lebih terjaga kerahasiaan data pribadinya. Meskipun enkripsi juga dapat dibobol, tetapi pihak yang berhasil membobol enkripsi belum tentu dapat membaca apa isinya.

Kekurangan VPNPenggunaan VPN akan membuat Internet berjalan lebih lambat karena adanya proses data enkripsi. Selain itu, penggunaan VPN juga menyebabkan jaringan Internet menjadi tidak stabil sehingga akan mengganggu kenyamanan.

NAUFAL RIDHWAN ALY

Penggunaan aplikasi Virtual Private Network (VPN) memiliki kelebihan dan kekurangan, apa saja?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.