Mewaspadai Mana Tempat Jual Antam di Jogja yang Asli dan Palsu

Jual Antam di Jogja adalah tempat jual emas yang bisa dipercaya, karena anda bisa mengecek sendiri yang dijual asli atau tidak. Sebagai konsumen tentu anda harus mewaspadai mana tempat jual Antam di Jogja yang asli atau palsu. Di zaman saat ini, banyak sekali tempat jual beli emas Antam di Jogja yang cenderung palsu.

Bagaimana cara mewaspadai mana tempat jual Antam di Jogja yang asli dan palsu?

Emas masih menjadi salah satu aset yang paling berharga, dan terkadang mau jadi patokan untuk menilai karena sifatnya sangat berharga. Tidak sedikit orang yang menggunakan emas sebagai hadiah, termasuk menjadi mahar untuk sebuah pernikahan.

Untuk urusan investasi emas dalam penilaian cukup besar sekali, tentu ada rasa khawatir dimana masyarakat. Rasa khawatir tersebut terhadap keaslian emas yang digunakan, untuk itu Anda harus mewaspadai mana tempat jual beli emas Antam di Jogja yang asli dan mana yang palsu.

Memperhatikan Fisik Emas yang Dijual

Anda harus membedakan antara emas asli dan palsu yang bisa dilihat dari fisiknya. Caranya adalah dengan melihat tanda khusus yang biasanya ada di emas murni atau emas batangan. Terdapat cap yang menandakan kadar emas tersebut, yang mana pada umumnya menggunakan satuan fineness, walaupun lazimnya dikenal dengan menggunakan satuan karat dalam angka.

Memperhatikan Warna Emas dan dengan Mengigit Emas yang Dijual

Anda harus memahami makna keaslian emas dari warnanya. Caranya adalah dengan mencoba memegang dengan baik emas yang Anda beli lalu menggosokkan permukaan emasnya pada telapak tangan. Pada umumnya setelah digosokkan warnanya jadi pudar dan tidak seragam, maka bisa dipastikan itu adalah emas yang palsu.

Anda juga bisa mencoba menggigit emas, karena pada umumnya emas adalah logam mulia yang lunak sehingga mudah sekali dibentuk. Apabila si penjual menawarkan emas dengan kadar tinggi, maka anda bisa dapat dengan mudah mengecek kelunakannya. Cara mengecek kelunakannya adalah dengan perbandingan tinggi karatnya, semakin tinggi karatnya maka emas semakin lunak.

Adapun terdapat cara mengetahui asli dan pasangan emas yang paling mudah, yakni dengan menggigit bagian permukaan emas. Apabila setelah digigit ada bekas gigitan yang tertinggal, maka emasnya asli. Walaupun demikian, Anda disarankan tidak buru-buru membeli emas tersebut karena bisa jadi material penyusun emas itu adalah timah.

Mendekatkan dengan Magnet, Emas yang Dijual

Cara untuk mewaspadai mana tempat jual Antam di Jogja yang asli selanjutnya adalah dengan mendekatkan dengan magnet. Pada dasarnya emas adalah logam yang bersifat non magnetis, yang berarti jika didekatkan dengan magnet tidak akan tertarik akan menempel.

Pengujian yang satu ini tidak berarti emas yang anda miliki terjamin keasliannya, karena tidak sedikit logam lain yang mempunyai sifat non magnetis.

Meneteskan Asam

Tips selanjutnya apabila anda ingin mengetahui emas asli atau palsu adalah dengan meneteskan asam. Anda harus berhati-hati saat meneteskan asam ini, karena cairan asam nitrat adalah cairan yang cukup berbahaya bagi tubuh dan pernapasan.

Cara mengetesnya juga sangat mudah, anda hanya perlu meneteskan cairan asam nitrat ke atas emas. Apabila emas tersebut berubah menjadi warna hijau, artinya logam tersebut adalah besi yang diberi lapisan emas. Berbeda apabila emas tersebut berubah menjadi warna kuning, yang berarti Kuningan yang diberi lapisan emas.

Tentu akan semakin berbeda apabila emas tersebut berubah menjadi warna susu, yang berarti logam tersebut adalah perak yang dilapisi emas. Emas asli yang ditetesi oleh cairan nitrat tidak akan berubah warna, Anda bisa membuktikannya jika anda mempunyai emas.

 

 

Jual Antam di Jogja adalah tempat jual emas yang bisa dipercaya, karena anda bisa mengecek sendiri yang dijual asli atau tidak. Sebagai konsumen tentu anda harus mewaspadai mana tempat jual Antam di Jogja yang asli atau palsu. Di zaman saat ini, banyak sekali tempat jual beli emas Antam di Jogja yang cenderung palsu. Bagaimana cara…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.