Lewat Film Autobiography, Makbul Mubarak Gambarkan Kembali Ketakutan Masa Kecil

Sutradara Makbul Mubarak mengawali debutnya di film panjang lewat film Autobiography. Film yang digagasnya sejak 2017 ini, baru bisa terlaksana di 2021 ini. Makbul mengungkapkan menulis film Autobiography adalah ketidaksengajaan.

“Terjadi secara tidak sengaja, awalnya nulis film pendek. Suatu hari enggak sadar kok panjang. Saya enggak lawan insting itu, lama-lama jadi 70 halaman, baru kaget. Saya sempat overwhelmed,” ujar Makbul dalam konferensi pers virtual, Senin, 15 November 2021.

Nama Makbul Mubarak lebih dikenal sebagai penulis dan sutradara film pendek. Lewat film pendeknya Ruah, Makbul berhasil memenangkan Piala Citra untuk kategori film pendek FFI 2017. Film ini juga memberikan Makbul, Special Mention Award Singapore International Film Festival 2017.

Menulis Autobiography, Makbul mengaku terinspirasi dari ketakutan-ketakutan masa kecilnya. Ia menyebut film-film ini adalah kumpulan-kumpulan ketakutan masa kecil yang tidak ada jawabannya. “Sehari-hari, dibully sama anak yang udah gede, sama bapak-bapak. Ketakutan-ketakutan masa kecil saya yang saya pikir berkaitan dengan kekuasaan. Kenapa enggak ngelawan, enggak menyerang balik,” tuturnya.

Tidak mudah bagi Makbul untuk bisa meyakinkan produser membiayai filmnya. Sampai ia bertemu dengan Yulia Evina Bhara dari KawanKawan Media. Bersama mereka mengajak Focus dan Kaninga Pictures. Bahkan dalam pengerjaannya mereka juga mengajak beberapa kru produksi dari luar negeri.

Mengambil lokasi syuting di Bojonegoro, Jawa Tengah film ini baru bisa syuting di awal tahun 2021. Proses syuting sendiri baru selesai Juli 2021. “Sedang tahapan penyelesaian dan akan segera tayang,” ujar Yulia.

Film Autobiography berkisah tentang Rakib (diperankan Kevin Ardilova) bekerja menjaga rumah kosong milik seorang pensiunan bernama Purna (diperankan Arswendy Bening Swara). Suatu hari, Purna pulang kampung untuk mencalonkan diri menjadi bupati di daerah itu. Rumah yang Rakib jaga kini tidak lagi kosong. Setiap hari, ia menemani Purna dalam banyak kegiatannya: berkampanye, memasang spanduk, dan lain sebagainya. Dalam sosok Purna, Rakib melihat sosok seorang ayah yang didambakannya. Hingga pada suatu hari, sebuah kejadian tak terduga mengubah semua itu.

Aktor-aktor yang berperan dalam film Autobiography antara lain adalah Kevin Ardilova, Arswendy Bening Swara, Lukman Sardi, Yusuf Mahardika, Yudi Ahmad Tajudin, Haru Sandra, dan Gunawan Maryanto. Film ini juga nantinya akan dimeriahkan dengan 600 pemain tambahan yang berasal dari Bojonegoro.

DEWI RETNO

Film Autobiography terinspirasi dari ketakutan-ketakutan masa kecil Makbul Mubarak yang tidak ada jawabannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.