Efek Kekurangan Vitamin yang Terlihat pada Wajah

Vitamin sangat penting untuk tubuh yang sehat. Tapi pola makan atau diet sering membuat orang kekurangan vitamin atau nustrisi tertentu. Kekurangan vitamin terbukti berbahaya bagi tubuh karena membuat kehilangan kemampuan untuk melakukan berbagai aktivitas.

Orang yang mengalami kekurangan vitamin dapat mengalami gejala tertentu. Ini tidak hanya dirasakan secara internal, tapi juga bisa terlihat dari wajah.

Berikut beberapa tanda kekurangan vitamin yang harus diwaspadai pada wajah, yang dilansir dari laman Times of India, Senin, 15 November 2021.

1. Jerawat dan kulit kering

Jerawat dan kulit kering bisa merupakan dampak berbagai perubahan hormonal. Ini juga bisa menjadi konsekuensi dari akumulasi kotoran dan kuman. Namun, jika seseorang kekurangan vitamin tertentu, perubahan pada kulit bisa menjadi pertanda.

Kekurangan vitamin A dan E pada tingkat tertentu dapat menyebabkan pembentukan jerawat di wajah, sedangkan kekurangan vitamin B12 dapat membuat kulit terlihat lebih pucat dari sebelumnya. Karena itu, untuk memastikannya, perhatikan tanda-tanda kelelahan ekstrem, perubahan suasana hati, dan banyak lagi.

2. Mata bengkak

Alergi dapat menyebabkan mata membengkak. Namun jika lebih sering dan terjadi setiap bangun tidur di pagi hari, bisa jadi itu pertanda kadar yodium rendah dalam tubuh. Penelitian telah menghubungkan kekurangan yodium dengan penyakit tiroid, yang seringkali dapat menyebabkan kelelahan, penambahan berat badan yang tidak dapat dijelaskan, dan mata bengkak.

3. Gusi berdarah

Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan banyak kerusakan pada tubuh dan kesehatan. Salah satu tanda yang harus diwaspadai adalah gusi berdarah, yang juga dikenal sebagai scurvy. Gejala lain mungkin termasuk mudah memar, pendarahan dan nyeri sendi dan otot. Untuk meningkatkan kadar vitamin C dalam tubuh, makanlah banyak buah sitrus seperti jeruk, lemon, dan jeruk bali.

4. Bibir pucat

Memiliki bibir yang pucat dan berubah warna bisa menjadi tanda dari banyak penyakit. Namun, seringkali itu adalah salah satu gejala anemia yang paling umum. Kondisi ini terjadi karena rendahnya kadar sel darah merah dalam tubuh. Rendahnya kadar zat besi dalam tubuh inilah yang menyebabkan kurangnya jumlah sel darah merah, sehingga sulit untuk membawa oksigen ke jaringan tubuh dan menyebabkan perubahan warna pada kulit dan bibir. Selain itu, kekurangan zat besi juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

5. Rambut kering dan rusak

Jika memiliki rambut yang rusak dan kering, mungkin ini tanda kekurangan biotin, juga dikenal sebagai vitamin B7 dalam tubuh. Biotin adalah nutrisi yang membantu menjaga rambut tetap ternutrisi. Oleh karena itu, kekurangan biotin menyebabkan rambut kering dan berketombe. Selain itu, hal itu juga dapat menyebabkan kuku rapuh dan rambut menipis. Oleh karena itu, makanlah makanan yang tinggi vitamin B7 termasuk daging tanpa lemak, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan dan ikan.

Orang yang mengalami kekurangan vitamin dapat mengalami gejala tertentu. Ini tidak hanya dirasakan secara internal, tapi juga bisa terlihat dari wajah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.