Alasan Gigi Putri Kedua Tiara Pangestika yang Baru Lahir Langsung Dicabut

Pasangan Tiara Pangestika dan Arief Muhammad tengah berbahagia dengan kelahiran anak kedua mereka yang lahir pada Kamis 11 November 2021. Anak kedua berjenis kelamin perempuan itu diberi nama Mecca Ayu Amanjiva atau Mecca.

Dalam sebuah unggahan di Instagram-nya, Tiara Pangestika memperkenalkan dan memperlihatkan beberapa foto Mecca yang baru saja lahir. Menariknya, ada yang tidak biasa dalam unggahan foto tersebut, bayi Mecca memiliki gigi ketika baru saja lahir. Hal ini merupakan kasus yang sangat langka karena umumnya bayi tumbuh gigi saat di usia 6-9 bulan.

“Mecca, Si Full of Surprise, Setelah positif hamilnya nggak disangka-sangka, di saat serumah positif covid, ternyata aku malah positif hamil. Ehhh… Begitu lahir, ternyata kok udah ada giginya dua nongol,” tulis Tiara dalam keterangan unggahannya.

Gigi natal atau gigi yang ada saat lahir relatif jarang terjadi. Kira-kira satu dari setiap 2.000 hingga 3.500 bayi baru lahir lahir ke dunia dengan setidaknya satu gigi. Terlepas dari jumlahnya, gigi natal dapat menyebabkan masalah gigi khusus dan mungkin memerlukan perawatan khusus.

Melansir laman Hurst Pediatric Dentistry, penyebab pasti gigi natal pada bayi baru lahir tidak diketahui. Para peneliti telah berteori bahwa hal tersebut mungkin akibat dari genetika, demam, infeksi atau kekurangan gizi, tetapi sejauh ini tidak ada penelitian yang dapat mengkonfirmasi penyebabnya. Menariknya, berbagai penelitian telah melaporkan bahwa antara 8% dan 62% bayi dengan gigi lahir memiliki riwayat keluarga yang positif.

Para peneliti telah menyarankan bahwa kondisi medis tertentu lainnya mungkin terkait dengan gigi natal, termasuk bibir dan langit-langit sumbing, sindrom sotos3, sindrom Ellis-van Creveld (displasia kondroektodermal), Sindrom Hallermann-Streiff (sindrom oculomandibulofacial dengan hipotrikosis) dan Sindrom Jadassohn-Lewandowsky (pachyonychia bawaan).

Ketika gigi natal adalah supernumerary, umumnya harus dicabut. Dokter gigi anak anak Anda dapat mendiagnosis gigi supernumerary dan membantu menentukan waktu yang tepat untuk pencabutan. Sebaliknya, ketika gigi natal merupakan bagian dari gigi susu normal (yaitu, adalah salah satu dari dua puluh gigi sulung anak), yang terbaik adalah menyelamatkan gigi tersebut bila memungkinkan.

Tiara Pangestika membahkan dalam keterangan unggahannya, bahwa kedua gigi putrinya itu langsung dicabut karena bukan gigi susu. “Tapi akhirnya tadi giginya dicabut karena emang bukan gigi susunya, dan takut ketelen kalo nanti tanggal sendiri,” tambahnya.

Selamat Tiara Pangestika dan Arief Muhammad untuk kelahiran putrinya

YINOLA CRISSY ELENROSE HADRIAN

Tiara Pangestika melahirkan anak kedua berjenis kelamin perempuan Mecca Ayu Amanjiva

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.